Kamis, 21 Januari 2010

MIYATA Century 1990 - Road Bike

Salah satu koleksi terbaru sepeda balap yang baru saja kemarin tiba di rumah Pejaten, "Miyata Century 1990", Limited Edition yang dirilis oleh Miyata, pabrikan sepeda Jepang yang berdiri dari tahun 1890. Tipe ini adalah sodara dari Miyata Century MTB yang sudah saya ceritakan di posting sebelumnya.
One of the newest road bike collection arrived yesterday in Pejaten (my father's house, Jakarta) was the "Miyata Century 1990", the Limited Edition released by Miyata, a Japan bicycle manufacturer established in 1890. This type is the brother of the Miyata Century - Mountain Bike which I've already described in my other posting.







Saya seorang amatir dalam dunia persepedaan tetapi sudah sering melihat sepeda-sepeda keluaran pabrikan ternama seperti Specialized, TREK, GIANT, termasuk POLYGON Hellios...(cinta produk nasional juga dong..) yang harganya setinggi langit, bahkan ada yang sampai lebih dari Rp. 100 juta!!! Tetapi begitu saya lihat Miyata Century 1990 ini, saya yang tadinya biasa-biasa aja terhadap desain atau model sepeda, kontan terkagum-kagum setelah melihat sepeda ini. Cantik tenan dan vintage banget...
I'm an amateur in cycling world but I've seen so many well known bicycle brand like Specialized, TREK, GIANT, including PLYGON Hellios (Indonesian brand) which are so much expensive, even more than 100 million Rups!!! (>US$ 10,000). And they never make my heart falls. But when I saw this Miyata Century 1990, I'm so amazed with the beauty of this bike. This vintage bike is so nice.




Menurut informasi, di Indonesia hanya ada 2 unit Miyata Century yang tipe Road Bike.
1 unit berada di Cirebon, dan 1 unit ada di rumah Pejaten .....:)
We're informed that there are only 2 units of this Miyata Century Road Bike available in Indonesia. One unit is in Cirebon (West Java), and one unit is in Pejaten...LOL



Kondisi sewaktu sepeda ini didapat bisa dibilang 100% original...(yah 99.5% lah). Belum ada komponen yang diganti dan kondisinya masih sangat baik untuk ukuran sepeda yang berumur 20 tahun. Hanya saddle-nya saja yang berbeda dengan katalog asli Miyata 1990, dimana dalam katalog saddle-nya menggunakan "Brooks pro"...sedangkan yang ini menggunakan "Selle Italia Turbo - Gold Special Edition", saddle yang seharusnya merupakan pasangan Miyata Century - MTB, sodaranya. Sedangkan untuk groupset-nya menggunakan jajaran seri tertinggi Shimano pada saati itu, Dura-Ace.
I can say that this bike is still in 100% condition (well ...99.5%). None of the components were replaced and the condition are all in good shape for the 20 years old bike. Only the saddle, which should be "Brooks Pro" instead of "Selle Italia Turbo - Gold Special Edition" which should be the original saddle of the MTB version. And for the groupset, it is equipped by the highest level of Shimmano's... Dura-Ace.


Saya sudah pernah searching di Google untuk mencari artikel ataupun foto-foto mengenai Miyata Century - Road Bike namun tidak berhasil. Mungkin artikel ini menjadi artikel pertama yang menulis tentang tipe sepeda ini sekaligus foto-fotonya.
I've been Googling for some articles or pictures of this Miyata Century Road Bike, but I couldn't find any. So perhaps this article is the first article who writes about this bike including the pictures.



Model:
Century
Frame/Size/Year:
Miyata Carbon Frame/M/1990
Fork:
Carbon Fiber Bonded Blades
Head Set/Derailleurs:
Shimano Dura-Ace Sealed/Shimano Dura-Ace 8 Speed
Chain/Cluster:
Shimano Dura-Ace/Shimano Dura-Ace 8 Speed
Crank Set/Pedals:
Shimano Dura-Ace Round/Shimano Dura-Ace Cupless
Rims/Brake Set:
Wolber Profil-18;32-Hole Aero/Shimano Dura-Ace SLR Aero
Hubs/Spokes:
Shimano Dura-Ace F&R Freehub/Hoshi Blade Stainless
Saddle/Seat Post:
Selle Italia Turbo, "Gold Special Edition"/Sugino Carbon Fiber
Handle Bar/Stem:
Cinelli Road Bar/Cinelli XA; Black Anodized
Color:
Natural Black w/ 14K Gold Lugs & Dropouts




Logo "100 Years Miyata"....100 persen asli



Logo "Century"
....tapi nggak ada hubungannya dengan Bank Century.


Identifikasi jenis frame yang terbuat dari karbon.


Ciri khas Miyata Century dimana Lugs yang berfungsi untuk menahan agar frame tidak patah/pecah akibat menahan torsi yang besar, disepuh dengan emas 14k (...katanya...)



Made in Japan...asli lhoooo






Handlebar grip material yang terbuat dari kulit dan dirajut di sepanjang handlebar.














14 komentar:

  1. Cool stuff, I used to ride normal version of this :D

    BalasHapus
  2. saya juga memiliki century MTB..............kita termasuk pecinta miyata limited edition ya....selaat anda dapat bintang.........hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada no kontak.. nih ada peminatnya..🤝
      Mgkn mau tau pinangannya😁

      Hapus
  3. wah...pak mantapff sekali sepedanya....kalau bener cm ad dua di indonesia anda sngt beruntung...

    BalasHapus
  4. menabjubkan..............

    BalasHapus
  5. amazing...how to buy itu pak?

    BalasHapus
  6. Maaf,numpang nanya klo miyata titanium exclusive harga pasarannya brp?
    Trmksh

    BalasHapus
  7. Maaf,numpang nanya klo miyata titanium exclusive harga pasarannya brp?
    Trmksh

    BalasHapus
  8. Gan ane punya miyata lama... Tapi g tau ini asli apa Ndak. Kalo di rangka tertulis elevation 5000

    BalasHapus
  9. Caranya tau tempat aq asli apa Ndak Gimana ya... Mgkin suhu suhu disini tau.

    BalasHapus
  10. Miyata century kisaran hrg brp ya ada teman yg mau jual disolo..tks

    BalasHapus
  11. Minta Petunjuknya,suami baru dapat frame balap vintage,ada sn nya di bawah bb,N79xxxx,apakah itu sepeda miyata,soalnya cat udah nglupas semua

    BalasHapus