Kamis, 27 Mei 2010

Kemping Keluarga Kecapi - Bukit Pakis Paseban 22-23 Mei 2010

Hari Sabtu tanggal 22 Mei 2010 yang lalu, Keluarga Kecapi untuk pertama kalinya melakukan acara camping bersama. Dan bagi 2D (Dhisa dan Dhimas), camping ini pun merupakan pengalaman pertama mereka ikut di dalam acara camping yang diadakan dalam rangka Sewindu Komunitas Trooper Indonesia, komunitas yang didirikan oleh Papa Yudhi 8 tahun yang silam yang hingga kini masih exist dan bahkan bertambah besar. Yang pasti 2D semangat sekali saat persiapan walaupun kita belum tau apakah 2D nantinya akan bisa menikmati suasana perbukitan dan harus tidur di dalam tenda.

Persiapan yang dibuat juga sangat komplit, mengingat kita belum tahu kondisi tempatnya seperti apa walaupun sudah pernah lihat dari gambar-gambar yang dikirimkan oleh tim surveyor KTI. Kebetulan banyak perlengkapan acara yang harus dibawa jadi terpaksalah kuda besi-nya dilengkapi dengan roof rack, supaya barang-barang yang besar bisa terangkut. Ini saja bagasi sudah full banget sampe plafon.

Kita berangkat pagi karena harus kumpul dulu dengan rombongan lainnya di Rest Area Sentul. Baru kemudian jam 9.30 kita bergerak menuju lokasi camping yang berada di atas bukit di daerah Paseban, Cilember. Syukurlah 2D selama di perjalanan cukup dapat menikmati suasana, walaupun sempat beberapa kali berhenti untuk regroup dan juga sempat terhenti karena mobil salah satu peserta masuk ke selokan dan tidak bisa keluar. Untunglah rombongan ini adalah rombongan jip yang umumnya dilengkapi dengan winch sehingga kendaraan tersebut dapat segera ditolong dan rombongan dapat kembali melanjutkan perjalanan. Rute perjalanan ini memang bukan rute yang diperuntukkan buat kendaraan biasa, karena banyaknya tanjakan yang harus dialalui dengan sudut kemiringan hingga 40 derajat...sekali lagi...untung ini komunitas jip, dan mobil jip dilengkapi dengan penggerak 4x4 sehingga kuda besi kita dapat naik tanpa masalah.


Sampai di lokasi camping sekitar jam 12.30 siang, langsung Papa Yudhi menurunkan peralatan dan perbekalan serta mendirikan tenda. Kita pilih lokasi yang agak di tengah dengan view ke arah gunung Salak. Pemandangannya memang luar biasa indah...lokasi-nya pun juga sangat bagus. Ada fasilitas dormitory sehingga buat yang ingin tidur di kasur, bisa menggunakan fasilitas ini. Ada saung kayu yang menghadap view lembah, ada kamar mandi 10 pintu, dan juga semacam dapur kecil dengan bak cuci. Pokoknya lokasi ini sangat nyaman dan bagus sekali buat camping. Listrik juga tersedia walaupun terbatas dan di acara ini disuport oleh genset sehingga bisa menggunakan berbagai fasilitas hiburan seperti sound system, lamput-lampu, dsb...

Di acara ini panitia juga menyiapkan games buat anak-anak, jadi buat 2D acara ini tidak menjemukkan, terlebih karena peserta anak-anak yang ikut juga cukup banyak. Ada sekitar 20 anak-anak yang ikut di acara camping ini dan semuanya sangat antusias, termasuk 2D.


Malam harinya setelah acara ramah tamah dan makan malam bersama, 2D dan Mama Sari kembali ke tenda, sementara Papa Yudhi tetap melanjutkan acara dengan rekan-rekan Trooper Indonesia lainnya. Sebenarnya anak-anak sudah cukup nyaman tidur di dalam tenda dengan selimut dan sleeping bag, namun sekitar jam 10.30 malam, Dhimas badannya mulai gatal-gatal dan mulai tidak nyaman sehingga menangis terus menerus. Hujan yang turun sepanjang malam juga cukup merepotkan sehingga diputuskan anak-anak dan Mama Sari pindah tidurnya ke Dormitory. Kebetulan siangnya tempat tidur sudah disiapkan menggunakan seprei yang dibawa dari rumah.


Pagi hari cuaca cukup segar setelah hujan sepanjang malam. Setelah bangun, 2D sudah terlihat lapar sehingga sembari menunggu acara sarapan pagi bersama, Papa Yudhi membuatkan supermi rebus supaya 2D tidak kelaparan. Selesai makan supermi kita semua lanjut untuk sarapan pagi dengan hidangan bubur kacang ijo dengan roti tawar. Acara dilanjutkan dengan acara anak-anak dan games buat para orang dewasa. 2D pun tidak ketinggalan untuk ikut lomba yang sudah disiapkan panitia berupa lomba mewarnai, bahkan Nadhisa berhasil menjadi salah satu pemenang dan mendapatkan turut mendapatkan hadiah. Hebat deh Nadhisa.... Sayangnya Papa Yudhi dana Mama Sari tidak bisa ikut menemani saat 2D mengikuti lomba tersebut, karena sudah harus mulai berkemas dan membereskan barang-barang serta tenda. Dan begitu acara selesai dan setelah foto bersama dengan seluruh peserta, rombongan bersiap-siap untuk berangkat pulang ke rumah masing-masing.


Wah...asyiknya pengalaman camping ini. Kelihatannya acara camping dengan 2D bisa diulang lain waktu, apalagi Komunitas Trooper Indonesia merupakan komunitas yang cukup sering mengadakan acara-acara bagi keluarga. Berikutnya yang sudah diagendakan adalah acara Trooperkids yang rencananya akan diadakan di Pasir Mukti.....nah...2D siap-siap yaaa....kita mau jalan-jalan lagi dan main-main dengan alam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar