Senin, 04 April 2011

Nge-Tab dimana2

Sudah sejak di awal munculnya komputer tablet generasi terbaru seperti Apple iPad yg kemudian menjamur dimana-mana, tidak membuat saya tertarik untuk membeli. Apa sih enaknya iPad...terlalu besar untuk digunakan bekerja pada file-file spreadsheet seperti Ms. Office terutama jika menggunakan metode mengetik dengan dua jempol seperti pada BlackBerry. Begitu juga jika dibawa-bawa ukurannya masih tergolong besar/lebar. Ditambah lagi untuk orang awam seperti saya ini, fungsi pada iPad untuk mengkopi maupun memindahkan file yang hanya dapat dilakukan dengan aplikasi iTunes sangatlah tidak user-friendly. Itulah sebabnya sampai detik ini saya sama sekali tidak berminat untuk membeli iPad, walaupun saya akui untuk kualitas gambar dan animasi serta pilihan software yang ada sangatlah menarik.


Sampai pada akhirnya Samsung mengeluarkan seri tablet yang menggunakan OS Android, yang dikenal sebagai Galaxy Tab, yang pada awal peluncurannya pernah disebut sebagai 'iPad killer'. Awalnya sama dengan iPad, yang saya pikir akan tidak jauh berbeda dengan Galaxy Tab. Tidak user friendly, kemampuan yang sangat terbatas, dan sebagainya. Bedanya adalah saya sudah tahu seperti apa iPad itu karena kebetulan ada anggota keluarga yang punya, sedangkan untuk Galaxy Tab saya tidak tahu secara langsung seperti apa Wujud serta kemampuannya. Hingga ketika ada rekan kantor yang kebetulan membeli Galaxu Tab ini, maka sayapun tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk menjajal langsung alat ini. Apa yang terjadi? Ternyata Galaxy Tab ini diluar dugaan saya sebelumnya. Alat ini ternyata sangat kompak, memiliki fitur yang lengkap, user friendly, dan ukurannya pun sangat ideal untuk penggunaan harian. Ukuran layarnya yang 7 " sangat pas dan tidak terlalu kecil untuk melakukan pekerjaan pada file-file Spreadsheet. Pokoknya luar biasa mantap.

Jadi begitu sudah yakin terhadap barang ini maka sayapun memutuskan untuk membeli Galaxy Tab melalui salah satu forum jual beli terbesar di Indonesia. Dan...saya tidak menyesal membelinya. Apa saja yang dapat dilakukan oleh Galaxy Tab? Sejauh ini yang sudah saya ketahui adalah dukungan aplikasi yang tidak kalah komplit dengan Apple, email client Gmail dan Yahoo, chatting, berfungsi sebagai telfon yg mana semua fitur telfon pastilah bisa dilakukan oleh GTab, built in GPS, wireless, bluetooth, kamera foto maupun video, games, dan sebagainya. Bahkan dengan menggunakan satu aplikasi khusus, GTab dapat difungsikan sebagai Wireless Modem. Sayang kecepatan internet yg dihasilkan dari GSM di Indonesia masih sangat jauh dari cepat, jadi walaupun memiliki fungsi wireless modem masih belim bisa dimaksimalkan penggunaannya.

Galaxy Tab memang benar-benar sebuah telpon pintar dengan segudang fasilitas. Dan yang paling membuat saya suka dengan alat ini adalah ukurannya yang sangat pas di tangan sehingga untuk berselancar di internet dapat dengan mudah dan nyaman dilakukan dimana saja dan kapan saja, termasuk menulis Blog ini. Pilihan aplikasi juga banyak, walaupun mungkin belum sebanyak Apple. Tetapi yang membedakan dengan iPad adalah...bahwa pada GTab kita tidak perlu susah-susah melakukan "Jailbreak". Cukup menginstall aplikasi khusus maka kita bisa mendownload segudang aplikasi yang gratis. Untuk installasi aplikasi pun juga sangat mudah. Copy file ke internal memori atau SD Card dan jalankan. Proses copy-paste pun juga sangat mudah, karena GTab dapat langsung dihubungkan dengan komputer dan berfungsi sebagai storage mass (USB Storage) sehingga untuk urusan pindah memindah file tidak tergantung pada satu jenis aplikasi seperti pada iPad (harus melalui iTune).

Last but not least....ini bukan iklan promosi lho ya....cuma sekedar sharing aja buat yang penasaran dengan Galaxy Tab. 

1 komentar:

  1. saya pun ada beli ipad mcm ini juga.. tapi bagaimana buat kerja2 typing ya? contohnya d mana nak cari microsoft words or office? harus download ka? tQ

    BalasHapus