Senin, 19 September 2011

Cara Reset System di Samsung Galaxy Tab P1000

Karena sering-nya bongkar pasang aplikasi-aplikasi gratis berbasis Android di GTab, dan sering-nya mencoba ini itu di sistem maupun setting dari GTab, maka sering juga berkali-kali kinerja OS Android Froyo di GTab P1000 terganggu. Kadang-kadang bahkan hang dan freeze, dan juga sangat lamban. Dalam kondisi tertentu, cara-cara melakukan hard reset sudah acapkali dilakukan supaya seluruh aplikasi yang sedang berjalan bisa dimatikan secara paksa. Nah, beberapa hari yang lalu si GTab sepertinya mengalami crash pada salah satu aplikasi yang secara otomatis berjalan saat pertama kali kita hidupkan. Yang pasti, di tampilan Home yang seharusnya menampilkan icon-icon standar, menjadi tidak bisa diakses karena terhalang oleh window message yang inti nya menyebutkan bahwa ada aplikasi yang error sehingga tidak dapat melanjutkan ke tampilan Home. Pusing deh tujuh keliling, karena sudah dicoba berkali-kali melakukan hard reset, tetap hasilnya sama. Akhirnya sempat mencari alamat Samsung Service Center terdekat di wilayah Jakarta Selatan dengan maksud untuk membawa langsung si GTab untuk diperbaiki atau diformat ulang. Wah, siap-siap saja mengeluarkan kocek untuk ongkos-nya, karena si GTab yang saya beli ini sudah dalam kondisi Rooted, sehingga garansi sudah pasti hangus atau tidak berlaku.

Tapi karena penasaran, dicobalah bertanya sana-sini ke Mbah Google. Barangkali sudah pernah ada yang tahu cara melakukan reset untuk mengembalikan kondisi GTab ke kondisi awal sesuai pabrikan (factory reset). Setelah beberapa saat surfing di mbah Google, akhirnya saya berhasil menemukan cara untuk bisa masuk ke tampilan yang kalau pada komputer desktop disebut sebagai BIOS. Karena pada mode itulah, kita bisa melakukan factory reset. Dan begitu dicoba, taraaaa...berhasil juga masuk ke mode BIOS. Dan dari situ terdapat beberapa pilihan dan salah satunya adalah pilihan untuk melakukan factory reset.

Sekarang si GTab sudah sehat kembali, walaupun harus satu persatu diinstall kembali semua aplikasi yang diperlukan. Untungnya oleh si pemilik lama, telah diinstall aplikasi backup yang cukup baik. Sehingga untuk merestore aplikasi-aplikasi tersebut, tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Berikut cara-cara untuk melakukan factory reset. Cara ini banyak terdapat di internet dan saya hanya menyadur dari salah satu website yang saya temukan di internet untuk memudahkan saya jika suatu saat nanti, cara-cara ini saya perlukan kembali.

Ada 2 cara untuk melakukan factory reset pada Samsung Galaxy Tab P1000, yaitu:
Melalui OS Android
  • Menu > Setting > Privacy > Factory data reset
  • Baca dan ikuti panduan yang diberikan secara benar
Melalui Hard Reset dengan kombinasi tombol
  • Pastikan GTab dalam kondisi mati, atau tekan dan tahan tombol Power selama kurang lebih 10 detik
  • Tekan dan tahan tombol Volume Up dan Power bersama-sama, dan saat muncul logo pada layar, lepas tombol Power sambil tetap menekan tombol Volume.
  • Tampilan halaman Recovery yang mirip dengan BIOS akan muncul. Gunakan tombol Volume untuk bergerak ke atas/bawah dan tempatkan pada pilihan "wipe data/factory reset" dan tekan tombol Power untuk memilih. 
Tampilan Recovery Mode

Tunggulah beberapa saat maka GTab akan kembali seperti kondisi awal. Sebelum bisa digunakan kembali, di awal akan muncul menu konfigurasi yang harus anda lakukan. Ikuti saja sesuai dengan instruksi yang muncul di layar. Setelah itu...beres deh....

9 komentar:

  1. tombol power gk bisa buat memilih cuy...py jal?

    BalasHapus
  2. bagaimana ya caranya agar tampilan gambar mengikuti sesuai dengan gerakan tangan kita....tolong kasih tau ya infonya

    BalasHapus
  3. biasanya berapa lama untuk factory setting? lebih dari 30 menit?

    BalasHapus
  4. pake tombol home gan.di jamin maknyus. ane udah coba.dan terbukti aman

    BalasHapus
  5. bisa kasih solusi karna di Samsung Gtab P1000 saya memory external tidak terdeteksi,

    BalasHapus
  6. Punya kok gbar nya lg buang sampah ama ad tulisanya .
    DO NOT TURN OFF TARGETT!!! ... gmana yea gan apa ad kesalahan yea gan
    ...tolong inpfonya yea gan...

    BalasHapus
  7. Punya kok gbar nya lg buang sampah ama ad tulisanya .
    DO NOT TURN OFF TARGETT!!! ... gmana yea gan apa ad kesalahan yea gan
    ...tolong inpfonya yea gan...

    BalasHapus
  8. punya gue kgak bsa nih
    gak mau ke reset

    BalasHapus