Sabtu, 24 September 2011

Upgrade Froyo 2.2 ke Gingerbread 2.3.3 pada GTab

Baru beberapa waktu yang lalu si GTab bermasalah dengan aplikasi start-up nya, dan sudah berhasil diatasi dengan mengembalikan ke kondisi awal dengan di-reset menggunakan fasilitas factory reset lewat Recovery mode. Untung-nya oleh si pemilik sebelumnya (karena dulu beli bekas) sudah di Root dan dipasang aplikasi khusus untuk membackup aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall, jadi dengan mudah semua aplikasi yang terhapus saat di-reset dapat diinstall kembali dengan mudah. Nah, sekarang setelah semua kembali normal, iseng-iseng baca-baca di mbah Google mengenai review dari beberapa orang yang melakukan upgrade OS Android nya dari Froyo 2.2 ke Gingerbread 2.3.3 ternyata koq review-nya banyak yang positif. Kinerja animasi antar muka dan fitur-fitur di Gingerbread lebih halus dan lebih lancar, tidak terputus-putus. Di Froyo memang terkadang jika sudah terlalu berat dengan beberapa aplikasi yang sedang aktif dan memory yang sudah hampir penuh, kadang-kadang malah sampai hang. Mulai deh penasaran dengan Gingerbread dan iseng-iseng cari-cari beberapa referensi bagaimana caranya meng-upgrade Froyo ke Gingerbread. Alhasil, ketemulah beberapa website yang salah satu-nya memberikan ulasan yang cukup meyakinkan, bahkan ada video tutorial-nya. Dan setelah mendownload file-file yang diperlukan serta berulang kali menonton video tutorial-nya, akhirnya hari ini si GTab melakukan operasi upgrade ke OS Android Gingerbread 2.3.3.


Alhasil, seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, performa dari Gingerbread pada GTab memang terasa lebih baik dibandingkan dengan Froyo. Karena selain melakukan upgrade, saya juga melakukan root agar dapat menginstall beberapa aplikasi khusus untuk dapat mengakses beberapa fitur yang hanya bisa dilakukan dalam kondisi OS yang ter-root. Hasilnya?? Maknyussss....yang pasti saya puas dengan hasilnya. Berikut ini adalah cara-cara melakukan upgrade OS Android Froyo 2.2 ke Gingerbread 2.3.3 pada Samsung Galaxy Tab  P1000.

Catatan: Sebenarnya upgrade OS ini dapat dilakukan langsung melalui program Kies yang merupakan program interface khusus Android. Tapi berhubung GTab saya ini sudah Root dan biasanya tidak akan dikenal oleh Kies, maka daripada pusing-pusing coba sana-sini, saya putuskan menggunakan cara manual dengan proses flash.

Pertama kali yang perlu disiapkan adalah mendownload file-file yang dibutuhkan untuk melakukan upgrade dan juga root. Panduan asli yang saya ikuti bisa dilihat di LINK ini, termasuk juga link untuk mendownload file-filenya. Video tutorial-nya ada di LINK ini. 


Dan agar mudah link untuk download file-nya saya buat baru saja seperti di bawah.....
1. Program untuk flashing : Odin v1.7
2. File firmware untuk GingerbreadP1000XXJQ1_P1000XXJQ1_P1000XXJPZ_HOME.tar
3. File 'pit': gt-p1000_mr.pit
4. File database : dbdata.tar

Beberapa file di atas masih dalam bentuk ZIP file dan harus diekstrak, dan taruh seluruh file tersebut dalam 1 folder agar mudah saat diperlukan dalam proses upgrade. Tahapan-tahapan upgrade nya adalah seperti berikut:

TAHAP 1: Melakukan flash firmware
  1. Jalankan ODIN.EXE
  2. Pastikan GTab dalam keadaan mati. Tekan dan tahan tombol VOLUME bawah dan POWER secara bersamaan hingga muncul gambar sosok Android dan segitiga muncul. Ini adalah mode DOWNLOAD
  3. Sambung kabel USB pada komputer (sebelumnya pastikan driver GTab telah terinstall. Jika belum, bisa didownload di LINK ini)
  4. Pastikan GTab terbaca oleh program Odin
  5. Check opsi 'Re-partition' (Harus di-check)
  6. Klik tombol pilihan PDA dan pilih file firmware yang sudah disiapkan
  7. Check opsi pada pilihan PIT, klik tombol pilihan PIT dan pilih file.pit
  8. Klik tombol START untuk melakukan flash
  9. Setelah proses selesai dan GTab akan reboot secara otomatis, matikan GTab dengan menekan tombol POWER selama beberapa saat.


TAHAP 2: Melakukan flash dbdata.tar
  1. Tutup aplikasi ODIN
  2. Nyalakan GTab kembali ke Mode DOWNLOAD (dengan cara yang sama)
  3. Nyalakan kembali aplikasi ODIN dan pastikan GTab terbaca
  4. JANGAN check opsi 'Re-Partition'
  5. Pilih file dbdata.tar melalui tombol pilihan PDA
  6. Klik tombol START
  7. Matikan GTab setelah proses selesai dan setelah auto re-boot


TAHAP 3: Menghapus data Cache dan factory reset
  1. Kali ini nyalakan GTab untuk masuk ke mode Recovery dengan menekan dan menahan tombol VOLUME atas dan POWER
  2. Lepas tombol POWER setelah kira-kira 4-5 detik, dan terus tekan tombol VOLUME atas hingga menu Recovery muncul
  3. Pilih wipe cache menggunakan tombol VOLUME atas/bawah dan tekan tombol HOME untuk memilih
  4. Pilih wipe data/factory reset
  5. Pilih reboot dan kemudian proses selesai


Sampai dengan tahap ini GTab sudah memiliki OS Android Gingerbread 2.3.3. Tapi daripada taggung-tanggung, maka sekalian saja dilanjutkan dengan proses Root menggunakan kernel yang sudah didownload sebelumnya.

TAHAP 4: Melakukan root kernel
  1. Matikan GTab dan aplikasi ODIN
  2. Nyalakan GTab ke mode DOWNLOAD
  3. Buka aplikasi ODIN dan pastikan GTab terbaca
  4. Pilih file kernel CF-Root-TAB7_XX_OXA_JQ1-v3.3-CWM3RFS.tar melalui tombol PDA
  5. JANGAN check opsi 'Re-partition'
  6. Klik start dan tunggu hingga proses selesai


Nah...sekarang GTab selain sudah memiliki OS Gingerbread 2.3.3...juga sudah Root. Mantapppppp......
Buat yang membaca blog ini dan ingin mencoba melakukan upgrade OS seperti yang saya lakukan, mohon sebelumnya membaca referensi website yang ada di link di atas. Saya tidak bertanggungjawab jika proses upgrade maupun rooting yang anda lakukan ternyata gagal dan membuat GTab menjadi bricked atau matot. 
Dan satu lagi yang perlu diketahui bahwa, sampai saat ini saya masih belum tahu cara melakukan downgrade dari Gingerbread kembali ke Froyo...hehehe...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar