Selasa, 27 September 2011

Gadget Baru - Samsung Galaxy S II

Setelah sekian lama menjajal Galaxy Tab dengan OS Android nya, ternyata Android ini seperti yang dibicarakan orang banyak sehingga tidak heran salah satu provider telekomunikasi di Eropa baru-baru ini mengeluarkan update hasil penjualan telponnya bahwa 75% dari total penjualan didominasi oleh jenis Smartphone, dan 90% dari 75% itu menggunakan sistem operasi Android. Tidak bermaksud promosi tetapi kenyataannya selama menggunakan Galaxy Tab, OS ini memang sangat user friendly. Padahal dulu boro-boro saya mau pakai barang-barang beginian. Menurut saya Android lebih user friendly jika digunakan untuk keperluan bisnis dan keperluan pekerjaan kantor. Tapi karena sosoknya yang masih tergolong besar dan sulit jika ingin digunakan untuk browsing ataupun baca email saat naik bis Transjakarta, jadi saya memutuskan untuk membeli varian Samsung Galaxy yang lebih kecil, tetapi powerful dalam hal hardware maupun grafis, serta sekaligus menjadi telepon kedua. Akhirnya setelah lama menimbang-nimbang maka kira-kira 2 bulan lalu saya putuskan untuk meminang varian Samsung yang sekarang menjadi Top of The Line di jajaran Smartphone dunia, yaitu Galaxy S II.


Ternyata harga memang tidak bohong, dengan harga pada waktu itu berada di kisaran 5 jutaan, Samsung Galaxy S II (SGS II) yang mengadopsi sistem operasi Android Gingerbread 2.3.3 ini memiliki performa dan kualitas layar yang sangat prima. Sesuai dengan review dari banyak orang dan banyak website di internet, bahwa SGS II saat ini menjadi produk yang sangat diminati dan diidam-idamkan banyak orang setelah iPhone 4. 

Setelah sekitar 2 bulan menggunakan SGS II, fungsi dari BlackBerry yang sebelumnya menjadi andalan untuk keperluan bisnis dan kantor sudah mulai saya alihkan ke SGS II. Hanya 1 hal yang membuat saya masih mempertahankan BB, yaitu fasilitas BBM nya, karena mau tidak mau fitur tersebut seakan-akan sudah melekat dan menjadi standar di masyarakat Indonesia karena fitur yang dimiliki BBM ini memang sangat memudahkan kita berkomunikasi dengan cepat dengan 1 orang maupun dengan banyak orang dalam 1 waktu. 

Saat ini email pribadi dan email kantor juga sudah saya mutasikan ke SGS II. Banyak aplikasi bisnis berbasis Android yang mudah di dapat di internet yang dapat menunjang aktifitas rutin kita sehari-hari seperti aplikasi pengolahan dokumen, gambar, dan lain sebagainya dengan kualitas sangat baik. Belum lagi kamera dengan kualitas 8 mega pixel yang mampu merekam video berkualitas HD, serta layar Super AMOLED berkualitas tinggi. Dengan hardware yang dilengkapi prosesor dual core serta memori yang cukup besar, pengolahan dokumen maupun dokumen dapat dilakukan dengan cepat. 

Beberapa aplikasi berbasis Android menurut saya sangat membantu sekali dalam aktifitas sehari-hari khususnya yang masih berhubungan dengan spreadsheet dan fotografi. Walaupun beberapa dari aplikasi ini sifatnya gratis, umumnya banyak aplikasi yang harus dibeli melalui Market sebelum kita bisa gunakan. Tapi apa sih yang tidak bisa disediakan internet....jujur saja untuk aplikasi-aplikasi yang harus dibeli, biasanya saya akan googling dan biasanya pula selalu berhasil mendapatkan aplikasi yang dapat langsung dipakai tanpa harus bayar. Berikut beberapa aplikasi yang saya rekomendasikan.

1. Dolphin Browser HD (kalau di PC seperti Google Chrome browser)
2. CamCard (aplikasi untuk meng-scan kartu nama dan langsung diterjemahkan ke daftar alamat kita)
3. Astro File explorer (sejenis Windows explorer versi Android)
4. QuickPic (aplikasi foto viewer yang cukup kecil dan ringan)
5. ezPDF Reader dan RepliGo Reader (aplikasi PDF viewer)
6. Evernote (aplikasi pencatatan yang memiliki fitur untuk menempatkan foto atau gambar sebagai attachment)
7. Catch (sejenis Evernote namun dengan fitur tambahan yang dapat men-tag koordinat yang terhubung dengan Google Map)
8. Documents To Go (Ms.Office-nya Android)
9. CamScanner (aplikasi untuk mengubah foto menjadi PDF menggunakan kamera built-in)

Ke 9 aplikasi di atas adalah minimum yang wajib saya punya agar bisa bebas beraktifitas menggunakan Android. Pokoknya nggak nyesel deh punya Android...oh ya satu lagi, saran saya untuk paket internetan dan nomor telepon, saya rekomendasikan Simpati Turbo. Karena paket ini sebenarnya bundle paket Telkom untuk produk penjualan iPhone dengan kecepatan Up to 1 Mbps dan 1 Gb kuota per bulan selama 1 tahun, jadi harus pinter-pinter cari di internet karena umumnya ada saja orang yang jual eceran ex paket iPhone nya Telkomsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar