Sabtu, 18 Februari 2012

Introducing...the New Ireng 2012 Version


Berakhirlah sudah masa penantian, setelah persis 1 tahun sejak dimulainya restorasi si Ireng, Trooper Short Wheel Base edisi tahun 1985 berkelir hitam solid ini, masuk ke bengkel TIFA Ban di daerah Meruya untuk restorasi body dan proses pengecatan ulang di bulan Februari 2011. Yang kemudian dilanjutkan dengan pembenahan interor serta sedikit penyesuaian di tampilan dan aksesori di bengkel ARJ Pondok Cabe. Walaupun masih ada beberapa komponen yang masih akan disempurnakan lagi, tapi secara resmi proses restorasi si Ireng sudah bisa dikatakan 'SELESAI'.


Eksterior dengan emblem ISUZU
Di bagian body tidak ada modifikasi hanya mengganti bagian-bagian plat body yang sudah berkarat dan keropos. Kaki-kaki dan mesin tidak ada perubahan saat proses pengecatan berlangsung. Namun sempat dilakukan pengecatan ulang setelah Hari Raya Idul Fitri 2011 lalu karena hasil pengecatan yang masih jauh dari sempurna. Setelah pengecatan ulang dilakukan hasilnya kini sudah sangat jauh berbeda walaupun masih tetap dirasa kurang sempurna. Namun karena proses pengerjaan yang sudah terlampau lama maka diputuskan untuk menyudahi proses pengecatan body dan langsung dilanjutkan untuk merapikan penampilan.


Tidak banyak perubahan di sisi penampilan. Lebar sumbu roda bagian belakang dari Trooper versi 3 pintu yang memang lebih pendek dibandingkan dengan Trooper versi 5 pintu, membuat seakan-akan ban mobil sedikit masuk ke arah dalam. Kebetulan posisi bodi terhadap as roda juga sedikit tidak center sehingga sisi ban bagian kiri terlihat lebih keluar dibandingkan sisi kanan. Untuk itu, diputuskan untuk dilakukan beberapa penyesuaian dan perubahan di bengkel ARJ sekaligus untuk merubah tampilan interior dan penggantian sistem audio yang lebih baru.



Interor menggunakan bahan MBTech berkelir beige supaya terlihat bersih dan terang, kontras dengan warna body yang hitam solid. Seluruh dashboard pun dibungkus agar terlihat lebih elegan sekaligus untuk menutupi beberapa bagian dashboard asli yang sudah cukup tua. Hampir semua bagian interor dilapis menggunakan bahan baru, kecuali jok tengah yang tetap dipertahankan karena masih cukup bagus dan juga karena lapisan jok sebelumnya berbahan kulit asli. Sayang untuk diganti. Kotak konsol (console box) tengah yang sudah banyak pecah karena bahan yang sudah getas, juga diperbaiki dan diubah menjadi tempat koin dan minuman serta dilapis penuh. Warna interior yang cerah ini kemudian dipadankan dengan cat warnya hitam pada komponen-komponen seperti handel pintu, handel tangan, tuas jendela dan speaker audio. Audio menggunakan tipe yang murah meriah bagus (murmergus) hanya untuk sekedar melantunkan hiburan musik dan radio.

Perubahan lainnya adalah di bagian tuas pengunci tyre hanger yang sebelumnya masih menggunakan model lama buatan tahun 2003 dan diganti dengan model terkini buatan ARJ.

Sumbu roda diperpanjang menggunakan adapter dengan ukuran 5 cm untuk belakang dan 3 cm untuk depan yang dipesan melalui salah seorang rekan KTI. Dengan adaptor ini maka posisi ban kini seimbang antara as roda depan dan belakang serta membuat si Ireng lebih enak dilihat.


Penambahan adapter yang membuat roda semakin keluar dari spatbor asli, diimbangi dengan penambahan custom overfender buatan ARJ yang dibuat mengikuti desain dari JEEP XJ Series. Desain ini dipilih agar tampilan si Ireng tetap terlihat sederhana namun gagah sebagai kendaraan harian.

Di bagian roda, pemakaian Hankook Dynapro ukuran 32x11,5R15 cukup membantu penampilan sehingga tampak seimbang dengan body lift aslinya. Velg aluminium lama berukuran R15x17" tetap dipertahankan dan hanya dicat agar terlihat lebih segar dan bersih.

Masih ada lagi pekerjaan rumah yang masih belum selesai untuk si Ireng, tapi butuh waktu ekstra untuk bisa mendapatkan hasil yang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan. Namun dengan penampilan saat ini sudah lebih dari cukup untuk bisa digunakan kembali sebagai kendaraan dinas si pemilik. Yang paling utama adalah fungsi-fungsi vital yang menjadi target awal untuk diselesaikan seperti sistem pengereman, pendingin udara, dan pompa injektor yang sejak awal ganti mesin belum pernah diservis. Kita tunggu saja, mungkin akan ada tampilan Ireng Versi 2.0 di masa mendatang. :))

2 komentar:

  1. mantap om, jempol empat untuk konsepmodifikasinya

    BalasHapus
  2. Kerrennn.. Sy jg lg proses restorasi taft gt 89.. Ini bisa jadi penyemangat 😀

    BalasHapus