Sabtu, 02 Juni 2012

Screen Capture Dengan Galaxy Note

Ini sebenarnya artikel iseng yang saya buat karena rasa penasaran. Jadi setelah beberapa lama menggunakan gadget Samsung Galaxy SII yang penuh dengan fitur bisnis dan fasilitas surfing, pengen juga menghadiahi istri tercinta dengan gadget serupa, apalagi dia juga senang browsing di sela-sela menjadi 'supir pribadi' 2D di hari-hari sekolah. Akhirnya beberapa waktu lalu, hadirlah Galaxy Note yang keren itu yang diklaim sangat sesuai bagi kaum wanita aktif, di rumah Keluarga Kecapi dan menjadi teman setia Mami Sari. GNote, sebutan umumnya Galaxy Note, memang benar-benar gadget yang luar biasa. Layar lebar dengan resolusi tinggi dan kemampuan S-Note yang dapat digunakan untuk menulis, membuat sketsa, memanipulasi foto, dsb. membuat GNote layak sebagai salah satu Top gadget di tahun awal tahun 2012. Oleh karena itu, jadilah rasa penasaran saya untuk menelusuri kemampuan GNote ini termasuk mencari tahu gimana melakukan salah satu fiture keren yang sangat bermanfaat bagi para pemilik gadget, yaitu Screen Capture atau mengambil tampilan gambar pada layar. Kalau di SGSII, saya menggunakan aplikasi khusus yang selalu aktif dan dapat langsung digunakan setiap saat dengan mudah. Namun di GNote, tidak semua software cocok dan dapat digunakan (incompatible) termasuk aplikasi Screen Capture tadi. Jadi, mulailah saya bertanya kepada mbah Google dan berhasil mendapatkan informasi mengenai cara melakukan Screen Capture pada GNote. Cara ini sengaja saya tulis sebagai artikel Blog supaya di lain waktu saat dibutuhkan, saya dapat dengan mudah mencari informasi ini di Blog Keluarga Kecapi ini. 

Menurut referensi yang saya dapatkan di internet, ada 3 cara melakukan Screen Capture menggunakan fitur asli bawaan GNote, yaitu sbb:

1. Menggunakan Tombol "HOME" dan "POWER"
Ini cara paling sederhana tapi juga paling susah karena sampai sekarang saya sendiri nggak pernah bisa melakukan Screen Capture dengan menekan ke-2 tombol tersebut secara bersamaan. Ujung-ujungnya, selalu masuk ke menu Taskbar (karena tombol HOME yang dominan terpencet) atau ke menu POWER (karena tombol POWER yang dominan terpencet). Jadi saya anggap cara ini bisa dilewati saja daripada bikin emosi.

2. Menggunakan S Pen
Picture courtesy of
AllAboutGalaxyNote.com
Ini cara yang lebih mudah dan dijamin berhasil. GNote dilengkapi dengan Stylus Pen yang digunakan untuk melakukan sketsa atau membuat catatan. Untuk melakukan Screen Capture, tekan tombol yang terdapat di dekat ujung S Pen, tahan, dan tekankan ujung S Pen ke permukaan layar GNote kemudian tahan. Setelah beberapa saat maka GNote akan melakukan Screen Capture dan secara otomatis mengaktifkan layar Editing dimana anda diminta untuk melakukan pilihan pengolahan gambar. Anda bisa langsung melakukan editing atau langsung tutup saja. 


Picture courtesy of
AllAboutGalaxyNote.com
3. Melakukan Swipe Telapak Tangan
Nah, ini cara yang luar biasa yang terus terang saya baru tahu baru-baru ini. Cara ini adalah cara yang paling gampang dan paling amazing menurut saya. Anda cukup melakukan Swiping (sapuan) menggunakan telapak tangan dan kemudian akan terlihat proses Screen Capture dilakukan dan gambar akan langsung tersimpan di dalam memori. Jadi untuk melihat hasil Screen Capture tadi, anda bisa masuk melalui Galery di bagian folder "Screenshot".

Berikut cuplikan video yang saya dapatkan dari salah satu referensi di website:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar