Selasa, 10 September 2013

Membeli Tiket METRO di Milan

Tulisan ini saya buat sekedar untuk membuat panduan bagi yang baru pertama kali ke Milan, khususnya untuk rekan-rekan di eni yang sering berkunjung untuk urusan pekerjaan di HQ ataupun untuk training di eni Corporate University (ECU). Adalah Metro, yaitu sebutan kereta bawah tanah/subway yang menghubungkan beberapa distrik di kota Milan dan salah satunya distrik San Donato dimana kompleks kantor pusat eni berlokasi. Kebetulan ujung stasiun Metro ini tidak jauh dari HQ termasuk hotel yang biasanya selalu digunakan untuk tempat menginap para karyawan eni Indonesia saat berkunjung ke Milan. Metro adalah transportasi andalan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata di sekitar kota Milan.

Tiket Metro dapat dibeli di setiap stasiun melalui sebuah automated ticket box. Ada berbagai macam pilihan tiket yang dapat dibeli tergantung kebutuhan kita. Khusus tiket sekali jalan, biasanya selain bisa dibeli di ticket box dapat juga dibeli di salah satu toko yang terdapat di dalam stasiun (toko yang dagangannya seperti warung rokok). Tiket sekali jalan ini harga-nya 1,50 euro. Jika mau pergi hanya ke 1 tempat, maka harus membeli 2 buah tiket untuk pulang pergi.

Tiket Box
Ini adalah gambar sebuah automated ticket box. Untuk membeli tiket gunakan layar sentuh yang nanti akan menampilkan seluruh pilihan tiket yang ada.




Pertama kali layar disentuh, layar akan menampilkan pilihan dari beberapa bahasa termasuk bahasa Inggris. Jadi kita tidak perlu khawatir bingung dalam membeli tiket.
Menu Pilihan bahasa

Setelah pilihan bahasa dipilih (dalam hal ini bahasa Inggris), maka akan muncul pilihan utama dari beberapa tiket yang dapat dibeli. Ada beberapa pilihan, namun yang biasanya kita pilih adalah 'Standard urban ticket' seharga 1,50 euro (tiket sekali jalan) seperti yang sudah dijelaskan di atas, atau 'Urban ticket'.

Menu utama
Standard urban ticket. Setelah dipilih, maka akan muncul layar untuk menentukan jumlah tiket yang mau dibeli dan berapa total harganya. Tinggal menekan tanda Plus '+' untuk menambah atau tanda Minus '-' untuk mengurangi, sesuai jumlah tiket yang kita inginkan. Jika jumlah sudah sesuai, maka akan muncul total harga yang harus kita bayar. 

Menu untuk menentukan jumlah tiket
Kemudian, masukan uang ke dalam lubang yang ada di sebelah kanan layar. Ada lubang khusus untuk uang kertas dan uang logam. Saat uang dimasukan, layar akan mengenali nilainya sesuai dengan yang kita masukkan dan akan menampilkannya di layar (penting saat kita menggunakan uang logam dengan pecahan kecil). Jika jumlah uang yang kita masukkan sudah mencukupi dari total harga tiket yang kita inginkan, kemudian mesin akan mencetak tiket tersebut dan mengeluarkan uang kembalian (setelah semua tiket tercetak dan dalam bentuk pecahan logam). Proses pencetakannya butuh waktu sekitar 10-15 detik per tiketnya.

Lubang untuk memasukan uang

Urban Ticket. Di dalam menu 'Urban Ticket' terdapat beberapa jenis tiket yang dapat kita pilih termasuk Standard urban ticket. Jika kita berencana untuk banyak bepergian dalam satu hari, ataupun dalam beberapa hari, kita bisa memilih tiket khusus seperti:


* 1-day urban ticket = tiket yang berlaku selama 1 hari (24 jam)
* Ticket for 10 journeys = berlaku maksimum 10x perjalanan
* 2 journeys x 6 days = berlaku 2x perjalanan/hari untuk selama 6 hari
* 2-days ticket = tiket yang berlaku selama 2 hari (48 jam)
* 4-journeys ticket = tiket yang berlaku untuk 4x perjalanan

Pilihan Urban Tiket

Masa 1x perjalanan ini berlaku mulai saat kita memvalidasi tiket, hingga kita keluar dari pintu batas area. Selama kita tidak keluar dari pintu batas area, maka kita tidak memerlukan tiket baru (saat pindah jalur kereta dari jalur satu ke jalur lainnya).

Tiket harus divalidasi saat sebelum melewati pintu

Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa jalur Metro di kota Milan yang dibedakan dengan warna dan kode M1 (warna merah), M2 (warna hijau) dan M3 (warna kuning). Saat kita pindah jalur, kita bisa mengikuti warna yang terdapat di sepanjang dinding di dalam lorong Metro dan juga tanda penunjuk yang menginformasikan tujuan akhir dari kereta yang akan kita naiki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar