Jumat, 13 September 2013

Memformat MicroSDXC 64gb

Sekarang ini memory card sudah banyak pilihannya, baik dari segi kapasitas dan juga merek. Apalagi kalau yang punya gadget canggih, biasanya memory card-nya pun menuntut jenis yang kualitas-nya tinggi. Maksud nya adalah yang memiliki kemampuan baca dan tulis dengan kecepatan tinggi sehingga tidak ada 'lag' saat dipakai untuk transfer data/download/playback multimedia, termasuk saat merekam gambar foto.

Kebetulan saya penggemar merek *eam yang menurut beberapa review di internet, cukup bisa diandalkan untuk pemakaian di gadget-gadget canggih. Salah satunya adalah jenis MicroSDXC yang saat ini memiliki kecepatan paling tinggi dan memiliki kapasitas hingga 64gb. Yang menjadi masalah adalah, memory card jenis ini memiliki partisi yang disebut sebagai ExFat yang tidak bisa terbaca di Windows XP (dan sepertinya juga pada Windows 7). Kita harus memformat-nya ke dalam format Fat32 agar dapat dibaca oleh Windows XP. Namun karena keterbatasan FAT32 yang hanya support hingga 32gb, menyebabkan MicroSDXC dengan kapasitas 64gb sering dikenali sebagai 32gb, dan bukan sebagai 64gb. Gimana solusi-nya?

Ada beberapa aplikasi gratis yang dapat dipakai untuk memformat agar hasilnya tetap terbaca sebagai 64gb. Salah satunya adalah EaseUS Partition Master Home Edition yang dapat diunduh secara gratis.

Langkah-langkah nya adalah sebagai berikut:
1. Unduh aplikasi EaseUS Partition Master dari link di atas dan install
2. Koneksikan MicroSDXC card ke komputer menggunakan card reader
3. Jalankan aplikasi, dan akan muncul pilihan utama. Pilih "Partition Manager"


4. Pada bagian bawah layar memory card akan ditampilkan berikut kapasitasnya
5. Klik kanan pada bagian bar dan pilih "Format Partition"


6. Pilih "FAT32" pada pilihan File System dan "32KB" pada pilihan Cluster Size
7. Klik pilihan "Apply" pada menu untuk memulai proses
8. Selesai

Setelah proses di atas dilakukan, sekarang MicroSDXC 64gb kita dapat terbaca di Windows XP/Windows 7 sesuai dengan kapasitas yang sebenarnya.

Sumber Artikel: XDA Forum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar