Jumat, 24 Januari 2014

NINJAGO Versi Cina


Kalau bicara soal mainan edukasi seperti LEGO yang memiliki varian jenis dan model berbagai rupa, pasti (atau pada umumnya) orang akan mengenal salah satu seri modelnya yang bernama "NINJAGO". Seri ini dipopulerkan tidak hanya dalam bentuk seri mainan, tetapi juga hadir sebagai serial film kartun dan video games. Begitu terkenalnya sehingga seri NINJAGO ini termasuk yang ditiru penuh oleh salah satu merek bricks Cina bernama BELA tanpa sedikitpun merubah desain komponen, kotak kemasan dan juga buku panduannya. Bedanya di produk buatan BELA ini adalah, judul seri yang diubah tanpa menggunakan huruf "GO" sehingga hanya tertulis sebagai "NINJA". Kebetulan produk ini jugalah yang memperkenalkan saya kepada produk bricks Cina dan membawa ketertarikan saya lebih jauh kepada produk-produk sejenis lainnya.

Beberapa koleksi NINJAGO milik Dhimas
Di postingan saya sebelumnya sudah saya jelaskan mengenai betapa luar biasanya produk BELA ini meniru 99.9% produk asli LEGO, serta kelebihan/kekurangan produk bricks Cina ini terhadap produk LEGO. Buat saya ini semua tidak menjadi masalah karena buat saya pribadi, semua kekurangan yang ada masih bisa tertutupi dengan murahnya harga produk ini dibandingkan produk LEGO. Dan secara kebetulan juga, Dhimas sangat menyukai seri NINJAGO ini sehingga saya pun mendapatkan keuntungan ganda: harga bricks murah dan juga memberikan mainan edukasi bagi buah hati. Beruntunglah karena ternyata produk BELA ini memproduksi cukup banyak model NINJAGO sehingga saya pun dapat secara berkala dan dalam waktu yang cukup lama memberikan mainan ini kepada Dhimas.

Berikut daftar dari beberapa model bricks Cina NINJAGO yang ada di pasaran saat ini. Hampir seluruhnya terdapat di pasaran di Indonesia. Kalaupun tidak ada, biasanya hanya menunggu waktu saja sampai ada importir yang memasukan model tersebut.

Produk BELA seri NINJAGO dengan kode produk LEGO
Dari ke-27 produk dari BELA ini, masih ada produk sejenis yang diproduksi oleh merek lain seperti LELE dan DECOOL khususnya untuk produk mini figure. Tapi karena jumlahnya yang banyak varian-nya dan memiliki kemiripan diantara ke-3 merek tersebut, tidak perlu dimasukan ke dalam daftar.

Luar biasa memang merek BELA ini karena mampu membuat produk duplikat LEGO yang benar-benar mirip dan memproduksi hampir seluruh model utama di seri NINJAGO. Di awal tahun 2014 ini LEGO juga telah merilis model-model terbaru NINJAGO. Tinggal kita tunggu saja hingga muncul di jajaran produk BELA.

Yang paling luar biasa dari produk Cina ini sudah pasti adalah harga. Saya mencoba menghitung seberapa besar selisih perbedaan nya antara harga BELA dan LEGO. Jika saya jumlahkan seluruh harga produk BELA seri NINJAGO yang sudah Dhimas punya, dan saya bandingkan dengan harga rata-rata produk LEGO untuk seri dan model yang sama yang dijual di beberapa toko online (yang notabene harganya sudah pasti lebih murah dari harga di toko mainan di mall-mall), maka saya mendapatkan selisih sekitar 79%. Luar biasa bukan? Apalagi kalau dibandingkan dengan yang di jual di toko mainan di mall....semakin luar biasa lagi. Mengapa? karena pernah saya bandingkan harga LEGO yang di jual di internet dan di mall, selisih harganya sekitar 200 ribu rupiah ( sekitar 20% khusus untuk model yang saya bandingkan. Model lain mungkin selisihnya berbeda-beda). Bayangkan kalau harga BELA dibandingkan dengan harga LEGO di mall, bungkan lagi 79% bahkan mungkin bisa mencapai 85%. 

1 komentar: