Senin, 19 Mei 2014

Kawah Putih Trip, 19 May 2014


Kebetulan tanggal 19 - 23 May 2014 jadwal sekolah anak-anak SD Pangudi Luhur diliburkan dalam rangka persiapan UKK. Kesempatan ini akhirnya kita pakai untuk liburan singkat ke Bandung (...again) tetapi kali ini harus ke tempat yang sebelumnya belum pernah dikunjungi oleh 2D. Setelah berembuk, akhirnya kita putuskan bahwa kali ini kita akan mengunjungi Kawah Putih, Situ Patenggang dan Kawah Tangkuban Perahu. Rencananya adalah untuk menghindari hari liburan akhir pekan, jadi sengaja kita pilih hari Senin hingga Rabu dengan harapan lalu lintas dan suasanya di lokasi tidak penuh dengan para turis lokal.

Berangkat jam 7 pagi kita langsung menuju Kawah Putih. Lokasi ini dipilih pertama karena lokasi yang agak jauh dari kota Bandung dan agar langsung beres di hari pertama sebelum kita check-in di hotel. Penasaran juga dengan suasana Kawah Putih sekarang karena terakhir kali mengunjungi nya adalah waktu acara Trooper Indonesia Gathering (TIG) ke-2 kira-kira 10 tahun yang lalu.

Lokasi Kawah Putih berada di dataran tinggi Bandung Selatan, Ciwidey. Lokasinya tidak jauh dari tempat perkemahan Ranca Upas dan cukup dekat dijangkau dari Jakarta. Untuk mencapai lokasi jika naik kendaraan pribadi, keluar pintu tol Kopo dan langsung belok kanan. Lumayan tersendat saat melalui Kopo karena harus melewati beberapa titik kepadatan seperti pasar, namun karena kita datangnya hari kerja biasa, jadi suasanya jalan tergolong cukup lengang.

Saat di lokasi ternyata situasi di kawah sudah banyak berubah. Dulu permukaan air-nya masih agak jauh di bawah dan masih banyak terdapat daratan-daratan kecil diantara permukaan air kawahnya. Sekarang kondisi permukaan air sudah menyatu dan tidak ada lagi semacam tanjung-tanjung atau pulau-pulau kecil.


Sebenarnya setelah dari Kawah Putih kita masih mencoba menyempatkan diri mampir di Situ Patenggang, namun karena kondisi cuaca yang hujan akibat kabut sudah mulai naik, kita tidak bisa menikmati danau nya dan kita putuskan untuk langsung balik arah menuju kota Bandung. Mungkin lain waktu jika ada kesempatan lagi, ingin mampir dan naik perahu bersama keluarga di Situ Patenggang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar