Selasa, 22 Juli 2014

Si Paijo Pengganti Ipah


Semester 1 di tahun 2014 ini si Ipah, sebutan kita untuk Toyota Kijang Innova 2008 Automatic G Diesel yang telah setia menemani Keluarga Kecapi selama 6 tahun, kita putuskan untuk dipensiunkan dan diganti dengan pengganti yang baru. Walaupun kondisi fisik dan performanya masih sangat baik dan tidak pernah mengecewakan kami selama ini, terpaksa kita relakan kepergiannya untuk melanjutkan tugas dengan pemilik yang baru. Mudah-mudahan si Ipah tetap dapat memberikan performa yang baik selama berada di tangan pemilik barunya nanti. Sementara itu, pengganti si Ipah yaitu si Paijo telah mengambil alih tugas si Ipah sejak bulan Mei yang lalu. Dan sama dengan si Ipah sebelumnya, Paijo akan menjadi teman setia Mama Sari dan 2D menjadi pengantar dan penjemput sekolah, dan juga menjadi mobil weekend untuk jalan-jalan Keluarga Kecapi.


Paijo, sebutan kami untuk Mitsubishi Pajero Sport Dakar Limited 2013 akhir ini, setelah resmi menggantikan Ipah langsung kita berikan sentuhan-sentuhan standar. Maklum, sama seperti umumnya pemilik mobil baru pasti gatal untuk sekedar menambahkan beberapa aksesori pelengkap. Kebetulan sebelum kita putuskan untuk beli Paijo, Papa Yudhi sudah lebih dulu melakukan riset ke beberapa forum di internet terutama forum-forum pemilik Pajero Sport. Dari situlah didapatkan beberapa masukan untuk hal-hal yang biasanya ditambahkan sebagai pelengkap untuk mobil Pajero Sport ini.


Kalau bicara pelengkap, yang pasti kita putuskan untuk tidak melakukan perubahan pada bawaan standar Paijo (kecuali kalau memang diperlukan). Ini prinsip buat kita supaya bisa tetap mengontrol 'jajan' si Paijo. Kadang-kadang pelengkap ekstrim/high level secara tidak sadar membuat kita menjadi konsumtif karena selalu merasa tidak puas dengan apa yang ada, dan selalu melihat orang lain yang kebetulan punya pelengkap yang berlebihan. Oleh karena itu, 'jajan' Paijo hanya dibatasi yang sifat-nya 'menambah'. Apa aja sih yang sudah ditambahkan ke Paijo? Ini dia daftarnya....

Penampilan Paijo di 2014 ini
  1. EGR Suspender. Ini sebenarnya adalah plat pengganjal yang berfungsi untuk men-suspend Exhaust Gas Relieve (EGR) sehingga valve-nya tidak terbuka. Dengan tidak berfungsinya EGR valve ini maka akan mencegah komponen dalam mengalami penumpukan jelaga oli yang disebabkan oleh gas buang. EGR suspender ini dibeli dari salah seorang anggota forum di K*#@kus.

    EGR Suspender (link sumber gambar)
  2. Auto Up Modul untuk power window supir. Entah kenapa mobil semahal Pajero Sport sistem power window-nya belum dilengkapi dengan mekansime 'Auto Up'. Padahal fungsi ini penting untuk jendela pengemudi. Berbekal informasi dari internet, akhirnya janjian untuk dilakukan pemasangan di rumah supaya lebih simpel dan tidak perlu bermacet-macet ria.

    Modul Auto Up (link sumber gambar)
  3. Alarm. Seharusnya Paijo sudah dilengkapi dengan sistem alarm, tapi supaya lebih aman lagi maka kita tambahkan sistem keamanan dari produk MGuard 5+. Kenapa pakai produk ini? karena produk ini bisa disambungkan dengan kunci remote bawaan asli Paijo sehingga tidak perlu bawa-bawa remote tambahan lagi. Alarm tambahan ini langsung berfungsi saat kita menggunakan remote untuk mengunci dan juga dilengkapi dengan sensor getar. 

    Alarm MGuard M5+
  4. Engine hood dumper. Biar keren dan nggak repot saat buka kap mesin, ditambahkan sistem dumper sehingga kap mesin tidak perlu lagi diganjal oleh tiang pengganjal asli. Dumper ini seperti shock breaker untuk menahan daun kap mesin saat terbuka. Ini juga dibeli melalui internet.

    Engine hood damper (link sumber gambar)
  5. Headrest DVD dan kabel video untuk Head Unit. Biar anak-anak tenang di mobil sambil memutar hiburan, sepasang headrest DVD player kita pasang supaya tidak saling berebut. Tapi untuk bisa menghubungkan DVD player ini ke Head Unit, diperlukan satu kabel video yang seharusnya merupakan bawaan standar Head Unit bermerek AVT ini. Tapi karena head unit ini bawaan asli dari dealer, sepertinya kabel ini dilepas dan dijual secara terpisah. Terpaksa kita harus mengeluarkan kocek tambahan untuk kabel ini.
  6. Anti Karat. Setelah mencari informasi di internet, dari beberapa pilihan anti karat yang sudah sering dipakai pada kendaraan-kendaraan lainnya pilihan jatuh ke merek Tu*# Ko*!# Di*#!. Ini merek import dari Swedia dan kebetulan salah satu bengkel cabang-nya ada di dekat rumah. Dengan menggunakan anti karat harapannya sampai 5 tahun ke depan si Paijo terbebas dari risiko karat di bagian-bagian kolong seperti chasis.
  7. Ceramic paint protection. Katanya paint protection jenis ceramic ini bisa mengunci kilap cat asli mobil sampai dengan 3 tahunan. Jadi lapisan ceramic yang dipakai ini akan membentuk lapisan tipis keras di atas cat asli mobil supaya kilapnya akan selalu awet. Mumpung mobil baru, sekalian aja coba menggunakan brand yang tidak terlampau mahal sekali. Dapet info juga dari internet, ada yang harganya selangit seperti C#*! yang sepertinya kurang worthed, jadi si Paijo pakai yang brand Sc#*!.
  8. Karpet dasar. Ini sudah seperti kelengkapan wajib di seluruh mobil yang pernah dipunyai Keluarga Kecapi. Supaya tetap menjaga karpet dasar asli nya tetap bagus dan terjaga. Karpet dasar dipesan di toko aksesori langganan di ITC Dutamas. Murmerlugus lah (Murah meriah lumayan bagus).
  9. Deflecta shield. Sebenernya dari sisi fungsi aksesori ini tidak ada fungsi-nya sama sekali, apalagi Paijo 99% dipakai di dalam kota. Kalau perjalanan jauh luar kota dan di malam hari, niscaya alat ini berfungsi untuk mendefleksikan serangga-serangga malam yang sering menempel di kap dan kaca mesin saat kecepatan tinggi. Kalau saat ini fungsi nya sekedar untuk menambah aksen saja karena terlihat pas dengan kombinasi warna body yang full silver metalic dan chrome.
    Deflecta shield EGR
  10. Gound cable. Menurut info di forum, ground cable ini berfungsi menambah masa pada sistem kelistrikan kendaraan. Sekedar menambah beberapa titik grounding yang katanya dapat tetap menjaga kualitas kelistrikan. Sejauh ini nggak ada pengaruh apa-apa, tapi mungkin untuk jangka panjang-nya bisa membantu agar sistem kelistrikan menjadi lebih awet (katanya...)

    Ground cable 9 titik
  11. Asuransi kendaraan. Kalau ini sudah wajib hukum-nya selama ada dana yang cukup. Sayang kalau mobil baru tidak diasuransikan minimal untuk 5 tahun pertama. Mengingat harga komponen yang mahal, lebih baik bayar biaya claim ketimbang harus keluar kocek untuk perbaikan. Kebetulan dikasih referensi oleh Sales Mitsubishi untuk perusahaan asuransi-nya. Dan kebetulan lagi kantor-nya dekat sekali dengan kantor Papa Yudhi, yaitu asuransi Ra&#*.
  12. Extra electric fan. Ini juga hasil baca-baca di forum. Fungsi extra fan ini untuk membantu sistem pendingin saat mobil sedang dalam keadaan idle/diam. Beban kerja AC dibantu dengan tambahan angin dari kipas ini sehingga suhu bisa lebih cepat dingin. Susah sekali mencari yang asli produk Mitsubishi di toko onderdil. Kalau pasang di bengkel resmi harganya lumayan tinggi. Akhirnya pasang di salah satu bengkel AC yang cukup dikenal oleh forum Pajero Sport yaitu di Ro*&#! di daerah Bintaro. 
    Extra fan Denso
  13. Velg Prado. Nah....kalo yang ini penyakit laki-laki dan nggak konsisten dengan rencana awal. Prinsip 'hanya menambah' dan tidak 'mengganti' terpaksa buyar karena hati nggak kuat ingin membuat Paijo sedikit berbeda dengan sodara-sodara kembar nya yang lain. Kalau umumnya Paijo pas sekali menggunakan velg 20". Gagah dan keren. Tapi kalau upgrade ke velg 20" sudah pasti harus mengganti semua ban-nya. Jadi supaya tetap tidak jauh-jauh dari komitmen awal, velg baru harus menggunakan ukuran yang sama yaitu 17". Kebetulan jatuh cinta dengan velg asli bawaan Toyota seri 120 atau Prado. Alhasil setelah hunting di internet akhirnya dapet dan langsung dipasang untuk menggantikan velg asli bawaan si Paijo. Sekarang tampilannya jadi lebih elegan. Tetap lebih kinclong walaupun tidak terlalu bling-bling dan ban asli pun tetap bisa terpakai.

    Velg Prado R17

Tidak ada komentar:

Posting Komentar