Kamis, 17 Juli 2014

Trip Borobudur dan Prambanan 10 Juli 2014

Sebentar lagi liburan sekolah akan usai, jadi mumpung masih ada sedikit waktu Keluarga Kecapi memutuskan untuk jalan-jalan ke Yogyakarta. Kali ini kita bersama-sama dengan D'Nainggolans. D'Nainggolans adalah keluarga dari sohib-nya Nadhisa, yaitu Katrina. Uniknya, papa Katrina adalah teman Papa Yudhi saat di SMP dulu. Nadhisa dan Katrina pun mulai bertemu satu sekolah sejak Playgroup dan sejak itu seperti tidak pernah terpisahkan hingga sekarang di SD PL. Kenapa ke Yogyakarta? karena kita ingin menunjukkan ke anak-anak sesuatu yang baru, baik peninggalan sejarah dan juga keindahan alam. Kebetulan juga ada teman papa Yudhi di Yogya yang bisa membantu mereferensikan tempat-tempat yang bisa dikunjungi dalam waktu 3 hari. Maka berangkatlah Keluarga Kecapi dan D'Nainggolans berlibur bersama-sama ke kota Gudeg Yogyakarta.

D'Nainggolans kebetulan hanya bisa semalam saja di Jogja, jadi kita rancang perjalanan di hari pertama untuk tour candi-candi supaya anak-anak minimal sudah pernah melihat seperti apa candi itu dan bagaimana bentuk dan rupanya. Berangkat dari Jakarta dengan pesawat jam 6 pagi dan begitu sampai di Jogja kita langsung jalan-jalan ke candi Borobudur dan Prambanan. Sebelum mulai kita sempatkan dulu sarapan di salah satu rumah makan gudeg yang ngetop, gudeg Yu Djum. Setelah itu kita langsung berangkat ke Borobudur sebagai tujuan pertama supaya tidak terlalu terik. Walaupun saat di lokasi candi udara panas tetap tidak bisa hindari, yang penting anak-anak bisa melihat langsung seperti apa sosok candi yang pernah menjadi salah satu keajaiban dunia ini sembari berfoto-foto ria.

Di candi Borobudur
Selesai dari Borobudur kita check-in dulu di hotel sebelum kemudian melanjutkan perjalanan ke candi Prambanan. Awalnya perjalanan ke Prambanan ingin dilanjutkan langsung ke candi Ratu Boko, tapi karena keterbatasan waktu dan juga anak-anak sudah terlampau letih, maka kita putuskan untuk skip dan langsung kembali hotel untuk beristirahat sebelum kemudian keluar untuk mencari makan malam.

Di candi Prambanan

Kita mencari makan malam di sekitar alun-alun Keraton Jogja yang menurut informasi dari internet cukup rekomended. Walupun ternyata rasanya tidak seperti yang kita harapkan, tapi lumayan untuk bisa memuaskan rasa lapar sebelum kemudian kita kembali ke hotel untuk beristirahat karena esok hari kita akan melakukan perjalanan cukup jauh mengunjungi obyek wisata alam di Gunung Kidul.