Rabu, 13 Januari 2016

Walk From Work - Day 5

Hari ini cukup mengkhawatirkan karena sejak pagi hingga sore, hujan turun sangat deras dan merata di wilayah Selatan Jakarta, khususnya di sepanjang jalur WFW. Namun sekitar jam 3 sore, hujan telah reda dan membuat cuaca menjadi sangat nyaman. Udara cukup sejuk dan pastinya tidak ada debu-debu yang beterbangan di sepanjang rute. Hari ini ingin mencoba variasi baru yaitu dengan menambahkan lari di beberapa lokasi perjalanan. Terutama setelah sempat ngobrol-ngobrol dengan salah satu paman yang ternyata sudah beberapa waktu ini melakukan marathon. Dari beliau saya mendapatkan beberapa informasi menarik yang langsung ingin saya praktekan dalam WFW kali ini.

Menurut informasi dari sang paman, dalam berlari sebenarnya banyak teknik yang perlu diperhatikan dan teknik tersebut juga berpengaruh terhadap usia. Semakin bertambah usia seseorang maka teknik berlari-pun juga berubah dan disesuaikan. Kombinasi berlari ditambah berjalan dalam interval tertentu sangat dianjurkan. Kondisi berlari sepanjang rute akan memberikan dampak yang kurang baik terhadap beberapa bagian tubuh seperti persendian dan lutut, karena saat kita berlari kaki kita menerima beban hingga 4x bobot tubuh. Sementara saat kita berjalan dimana posisi kedua kaki bisa dikatakan menyentuh tanah dalam waktu yang selalu bersamaan, maka bobot tersebut akan terbagi dan menjadi lebih ringan.

Hmm...masuk akal memang penjelasan tadi. Penjelasan yang lebih detil sudah pasti dapat ditemukan di berbagai narasumber di internet maupun di buku-buku. Jadi pada WFW kali ini, saya coba mempraktekan hal tersebut sembari mengukur apakah kondisi fisik sudah meningkat. Alhasil, selama WFW kali ini saya sisipkan dengan berlari singkat sekitar 100-200 meter untuk setiap kesempatan. Total lari kali ini mencapai sekitar 1,2 km. Not bad. Berarti kemampuan fisik sudah mulai bertambah dan waktu tempuh juga semakin singkat yaitu di bawah 1 jam. Sayangnya aplikasi Endomondo tidak bisa mengakomodir kegiatan yang sifatnya gabungan (running dan walking) sehingga tetap tercatat sebagai walking.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar