Selasa, 09 Februari 2010

KOSS Spark Plug - In Ear earphone

Barang ini sebenernya sudah agak lama dibeli, kira-kira 3 bulanan yang lalu. Tapi karena iseng-nya lagi kumat, saya coba bikin review tapi review-nya standar aja deh. Review ala orang awam.

Awalnya karena baru punya mainan baru yang sudah lama digandrungi orang-orang seantero dunia, yaitu IPod Nano 5G yang sudah dilengkapi dengan kamera video. Suara yang dihasilkan oleh earphone standar bawaan paket sebenarnya sudah cukup bagus, terutama buat saya yang orang awam. Treble dan bass terkesan seimbang sehingga untuk berlama-lama ditempel di telinga tidak terlalu membuat sakit kepala.
Tapi kayaknya untuk kekuatan bass kurang begitu terasa, apalagi kalau dipakai sambil sepedaan. Selain suaranya kurang mantap, tidak bisa nemplok di telinga seperti model in-ear earphone.

Jadilah browsing-browsing untuk cari referensi, cari in-ear earphone yang kualitas cukup bagus tetapi tidak begitu mahal. Setelah tanya sana-sini dan coba cek di salah satu forum jual beli yang cukup rame, jatuhlah pilihan ke produk keluaran KOSS, Spark Plug. Katanya suara bass yang dihasilkan oke sekali dan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Jadi diputuskanlah untuk pesan 1 peace dari pedagang di forum. Barang masih baru dan tersegel. Langsung buka dan jajal langsung sampe sekarang. Dan setelah pemakaian kurang lebih 2 bulan, beginilah hasil yang bisa disimpulkan. (sekali lagi ini review orang awam lho ya....)

Pro:
Selain earplug yang menggunakan bahan sponge/busa, sepertinya nggak ada hal lain yang bisa dikategorikan PRO. Sayangnya saya lupa harga belinya....sekitar 170 ribuan kalau tidak salah.

Cons:
  • Kabel terlalu panjang sehingga lebih sering membuat kesulitan saat mau digulung ataupun saat ingin digunakan
  • Material dari kabel yang sedikit 'seret' sehingga saat kusut agak susah untuk diulur kembali
  • In-ear sponge nya kurang begitu rapat mengisolasi lubang telinga, jadi suara dari luar masih jelas terdengar
  • Kualitas suara, treble dan bass tidak lebih bagus dari earphone bawaan asli iPod Nano. Istilah 'ada harga ada kualitas' sepertinya berlaku untuk produk ini. Jauh lebih bagus kualitas suara dari earphone asli BB Bold
Kesimpulan:
Biasa-biasa aja, kelebihannya dari earphone asli iPod Nano cuma karena dia menggunakan earplug berbahan sponge/busa, jadi bisa lebih lengket di lubang telinga. Lainnya....."B" aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar