Kamis, 23 Januari 2014

Plus Minus Bricks Cina

Lebih jauh mengenai mainan bricks Cina yang saat ini menjadi alternatif mainan anak yang selain dibuat dengan desain yang menyerupai produk bricks terkenal LEGO, apa saja sih kelebihan maupun kekurangan dari mainan bricks Cina ini? Semenarik dan semurah-murahnya mainan ini dibuat untuk bisa bersaing di kalangan masyarakat menengah bawah, pasti ada yang membuat para penggemar bricks tetap setia dengan produksi asli LEGO ketimbang membeli produk-produk bricks Cina. Sebaliknya, apa yang perlu kita ketahui sebelum membeli bricks Cina ini.

Inilah hal-hal yang membedakan keduanya yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan kita saat berniat membeli mainan bricks Cina:

Kelebihan bricks Cina

Harga. Tidak diragukan lagi kalau untuk urusan harga, produk bricks Cina sangat jauh di bawah produk LEGO. Pengalaman pribadi saya selama membeli produk dengan merek Bela yang memiliki desain dan kemasan yang 99.9% mirip dengan LEGO, hampir semua produknya berharga paling mahal 1/2 dari harga LEGO untuk model yang sejenis. Bahkan untuk salah satu produk merek Kazi dengan model Pirate yang walaupun tidak memiliki kemiripan desain dengan versi LEGO, harganya bisa mencapai 1/10 dari harga produk LEGO dengan bentuk dasar serupa.

KIRI: Merek BELA - saya peroleh dengan harga Rp. 330,000,-
KANAN: Merek LEGO - harga resmi outlet +/- Rp. 1,000,000,-
KIRI: Merek KAZI - saya peroleh dengan harga Rp. 450,000,-
KANAN: Merek LEGO - harga di internet Rp. 6,400,000,-
KIRI: Merek BELA - saya peroleh dengan harga Rp. 130,000,-
KANAN: Merek LEGO - harga di internet Rp. 330,000,-

Sepertinya, semakin besar/banyak komponen bricks-nya, semakin besar pula selisih perbedaan harganya antara bricks Cina dengan produk LEGO. 

Kompatibilitas. Sejauh ini, bricks Cina dengan merek Bela, Kazi, Enlighten, dan Wange yang sudah pernah saya beli memiliki kompatibilitas dengan produk LEGO. Walaupun bisa juga terjadi saat komponennya dipasangkan tidak selalu bisa klop, tetapi secara umum produk-produk tersebut bisa digunakan satu dengan yang lain. Untuk merek-merek Cina lainnya saya belum punya pengalaman langsung, tetapi menurut saya untuk merek seperti Decool, Sluban, dan Lele sepertinya juga kompatibel dengan produk LEGO.

Model. Tidak diragukan lagi untuk bricks Cina bermerek Bela, 99.9% memiliki model sama dengan produk LEGO sejenis terutama untuk seri Ninjago, Legend of Chima dan Friends. Sementara untuk merek lainnya ada beberapa model yang juga mirip dengan produk LEGO, tetapi ada juga yang tidak memiliki kemiripan tetapi memiliki bentuk dasar yang mirip. Secara umum, model dari bricks Cina ini tidak kalah dibanding produk LEGO. Dan jika bricks Cina ini diletakkan bersebelahan dengan produk LEGO saya rasa orang awam pun tidak dapat melihat perbedaannya secara langsung (kecuali mungkin para maniak LEGO).

KIRI: Merek BELA, KANAN: Merek LEGO
KIRI: Merek BELA, KANAN: Merek LEGO
KIRI: Merek ENLIGHTEN, KANAN: Merek LEGO

Kekurangan bricks Cina

Contoh komponen yang cacat
Kualitas. Saya rasa semua orang tanpa melihat secara langsung sudah pasti tahu bahwa secara umum produk-produk buatan Cina memiliki kualitas di bawah produk original. Walaupun produk original itu sendiri juga mungkin diproduksi di Cina, namun produk tersebut diproduksi dengan menggunakan material dan standar tinggi serta pengawasan yang ketat. Demikian pula dengan bricks Cina ini. Walaupun dibuat dengan tingkat kemiripan yang hampir 100% dengan produk LEGO, kita akan dapat langsung menilai kualitas tersebut saat kita memegang komponen-komponennya. Kadang-kadang saya menemukan komponen yang sedikit cacat/tidak sempurnya, saat dipasangkan kondisinya kendur atau tidak rapat, warna yang agak kusam, dan sebagainya. Karena sejak awal kita beli produk ini kita sudah tau risikonya, maka saat kejadian kita harus bisa memaklumi kondisi ini.

Produk ENLIGHTEN (kiri) dengan LEGO (kanan)
Kelengkapan. Umumnya pada produk bricks Cina yang saya beli, pasti selalu terdapat kelebihan di jumlah komponen-nya (sama dengan produk LEGO). Namun khusus untuk bricks Cina yang paling sering saya beli (merek BELA), beberapa kali saya mengalami kekurangan 1 atau 2 komponen di dalam paket-nya. Walaupun kemasannya tersegel rapat, hal-hal seperti ini menjadi bagian yang perlu kita maklumi mengingat bahwa ini adalah produksi Cina dengan status KW. Untungnya kejadian seperti ini jarang terjadi walaupun bisa membuat sedikit kesal. Dan untuk mengakali komponen yang hilang tadi saya biasanya memakai lebihan komponen dari produk lainnya karena kompatibel. Sejauh ini masalah kelengkapan hanya terjadi di produk BELA. Semoga tidak banyak terjadi hal serupa di merek-merek Cina yang lain.

Contoh kemasan produk ENLIGHTEN
Kemasan. Bisa dikatakan kemasan produk Cina sangat tergantung dari merek-nya. Untuk produk BELA yang memiliki kemiripan 99.9% dengan LEGO, untuk urusan kemasan Bela termasuk sedikit mengecewakan. Kotak kemasannya mudah tertekuk dan rusak. Produk lain seperti Kazi dan Enlighten memiliki kemasan yang sedikit lebih baik. Sementara jika dibandingkan dengan produk LEGO, LEGO memiliki kemasan yang rapi, lebih kuat dan elegan. Untuk masalah kemasan saya akui bricks Cina jauh di bawah produk LEGO. Namun jika kualitas kemasan juga ikut menentukan harga jual, buat saya hal ini tidak menjadi masalah. Kekurangan dari sisi ini bisa memberikan keuntungan pada hal yang lain, yaitu rendahnya harga jual. Menurut pengalaman saya, kemasan dari pabrikan tergolong cukup rapi. Komponen terbagi-bagi dan terbungkus plastik segel. Sehingga dari sisi retailer, kita tidak bisa menyalahkan seandainya terdapat komponen yang cacat/kurang karena kemasan tersebut berasal langsung dari pabrik.Risiko ini yang harus disadari sejak awal sebelum kita memutuskan untuk membeli produk bricks Cina.

Pada akhirnya, keputusan ada di diri kita masing-masing. Untuk saya pribadi....I don't mind Chinese products. Selama harga nya masuk akal, tidak berbahaya dan tidak menyimpang dari tujuan utama mainan itu sendiri (membantu perkembangan mental dan edukasi anak) saya tidak akan pernah merasa malu untuk membeli produk-produk KW ini. Bagaimana dengan anda? 

7 komentar:

  1. Gan beli lego kazi black pearlnya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Edwin, hampir setahun saya baru reply nih...baru sempat buka blog lagi... :)

      Saya dapet black pearl-nya waktu itu di Tokopedia.com kalau tidak salah...kebetulan pas ada yang jual. Memang susah cari lego jenis pirate seperti ini...pas kebetulan ada, langsung saya beli. Sekarang sepertinya agak susah.

      Kalau mau coba cari di eBay juga ada, tapi pengirimannya yang aduhai lama...bisa sampai 1 bulan.

      Salam,

      Hapus
    2. Halo mas Edwin, hampir setahun saya baru reply nih...baru sempat buka blog lagi... :)

      Saya dapet black pearl-nya waktu itu di Tokopedia.com kalau tidak salah...kebetulan pas ada yang jual. Memang susah cari lego jenis pirate seperti ini...pas kebetulan ada, langsung saya beli. Sekarang sepertinya agak susah.

      Kalau mau coba cari di eBay juga ada, tapi pengirimannya yang aduhai lama...bisa sampai 1 bulan.

      Salam,

      Hapus
  2. Disaat semuanya mahal, harga menjadi prioritas utama kita baru di susul oleh kualitas. Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mas Papoyz, wah...baru sempat buka Blog lagi ternyata komennya dari 31 Augustus... :)

      Setuju dengan mas Papoyz, apalagi sekarang dollar semakin diluar kendali. Harga menjadi prioritas utama.

      Salam,

      Hapus
  3. mas kalo beli lego china nya biasanya beli online gtu atau took yah ? ada recommend toko2 langganan ga mas ? hehe , wah komentar saya di bales kpn yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduh, maaf mas...saya emang jarang banget buka blog nih, jadi suka lama balas pertanyaannya.
      Btw, kalo beli lego cina saya selalu di toko online lokal aja. Harganya lebih murah ketimbang beli dari luar seperti eBay, karena kurs yang gila-gilaan.

      Toko online kepercayaan saya di:
      - Tokopedia.com
      - Bukalapak.com
      karena toko online ini nyaman untuk saya karena transaksi-nya manual (transfer ATM/internet banking). Pembayaran akan ditahan oleh toko sebelum barang diterima dan kita ada aturan yang jelas untuk konfirmasi penerimaannya. Kita bisa komplain juga.

      Atau, ada penjual yang juga punya akun FB sebagai lapak-nya. Keyword-nya "Mainan Cerdas". Coba aja search di FB. Koleksi lego cina nya lumayan banyak tapi harus cek dulu karena bisa saja stok-nya sudah habis.

      Demikian info-nya. Btw, bisa aja sih coba search di website lainnya kadang2 suka ada yang barang--nya agak berbeda dari toko2 online tadi.

      Semoga bermanfaat & sorry kelamaan reply. :)

      Hapus