Rabu, 17 September 2014

Membersihkan Box Diecast


Baca-baca referensi di internet mengenai tips membersihkan box diecast yang terbuat dari acrylic, banyak yang menganjurkan menggunakan beberapa peralatan seperti cairan khusus, lap halus, air hangat, termasuk cara membersihkannya agar tidak sampai baret. Sepertinya cukup merepotkan dan terlalu berlebihan sehingga terpaksa mencari alternatif lain. Memang pernah dicoba dengan mencuci dengan air dan sabun, ternyata memang tidak cukup untuk membersihkan permukaan acrylic-nya. Menurut salah satu referensi, kusam yang terjadi pada acrylic sebenarnya adalah embun yang terperangkap di pori-porinya. Untuk itu perlu menggunakan lap yang dibasahi air hangat cenderung panas, untuk membuka kembali pori-pori tersebut supaya bisa dibersihkan.

Sepertinya koq cukup repot sekali dan belum tentu efisien. Akhirnya langsung saya coba mengambil beberapa kotak diecast koleksi yang kondisi box bagian atas-nya sudah tertutup kusam. Alat yang saya gunakan hanya 2 potong kain bersih dan Silicon Glaze, salah satu produk MLM yang cukup terkenal. Kain yang satu digunakan untuk mengaplikasikan cairan ke permukaan yang kusam sambil sedikit diberikan tekanan. Sementara kain yang lainnya untuk membersihkan permukaan acrylic setelah diberikan cairan.

Kiri: Kondisi awal - Kanan: Setelah digosok menggunakan Silicon Glaze

Ternyata metode ini cukup ampuh dan terbukti dapat mengkilapkan kembali permukaan box acrylic dengan bersih. Yang perlu diperhatikan adalah saat memegang kotak acrylic tersebut jangan sampai terlampau keras/kuat supaya tidak menyebabkan risiko box retak/pecah. Juga pastikan jangan sampai kotak tergores dengan benda tajam karena apabila tergores maka scratch mark tersebut akan sulit/bahkan tidak bisa hilang. 

Kondisi awal dan setelah dibersihkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar