Kamis, 09 Juli 2015

Singapore Trip 2015: USS, Singapore Zoo, Legoland Malaysia

Liburan sekolah di tahun 2015 ini, Keluarga Kecapi berkesempatan untuk sekali lagi berlibur ke Singapura. Kali ini kita ingin sedikit lebih lama menikmati liburan sehingga sejak awal kita sudah mengatur itinerary perjalanan dan tujuan yang mau kita kunjungi. Trip kali ini sengaja kita rencanakan sebagai kejutan untuk 2Ds yang memang sudah sejak lama meminta Papa Mama nya untuk bisa mengunjungi kembali Singapura, khususnya ke Universal Studio Singapore (USS). Jadi pada saat 2Ds selesai menerima rapor kenaikan kelas dengan hasil yang baik, langsung kita umumkan kejutan ini sebagai hadiah kenaikan kelas mereka. Dan pada kesempatan ini, Keluarga Kecapi menikmati liburannya dengan mengunjungi USS, Singapore Zoo dan juga mencoba Legoland Malaysia yang berlokasi di Johor Baru.

DAY 1
Kita berangkat menggunakan maskapai Tiger Air jam 9 pagi dengan tujuan agar saat tiba di Singapura, kita masih punya banyak waktu menikmati beberapa tempat di tengah kota. Kita sengaja memilih hotel yang cukup terkenal di antara wisatawan Indonesia yaitu V Hotel Lavender. Hotel ini banyak digemari karena lokasinya yang cukup strategis, yaitu berada di 1 jalur MRT menuju/dari Changi International Airport, berada persis di atas stasiun MRT Lavender, terdapat banyak pilihan tempat makan di sekitar hotel seperti McDonald, Burger King, Kopi Tiam, dan bahkan kios masakan Indonesia. Selain itu lokasi ini juga hanya berjarak 1 stasiun ke Bugis Street yang sangat terkenal sebagai pusat souvenir.


Selesai kita check-in, kita lanjut jalan-jalan ditemani oleh teman Papa Yudhi yang sudah lama berdomisili di Singapura. Langsung mencari Sim Card lokal yang bisa dipakai untuk berinternet agar selama di Singapura tetap dapat berkomunikasi dengan keluarga di Jakarta untuk sekedar update foto-foto dan cerita. Selanjutnya kita mengunjungi Marina Bay dan Garden by the Bay untuk melihat pertunjukan warna-warna unik dari pohon raksasa buatan. Namun sayang, pas kebetulan pada malam itu sepertinya pertunjukan warna tidak berlangsung sehingga kita pun terpaksa melanjutkan jalan-jalan kita dan menutup sesi hari ini dengan traktiran makan malam di salah satu restoran seafood yang cukup populer di Aljuneid. 

DAY 2
Singkat cerita, setelah sarapan pagi yang ringan di McD kita langsung berangkat menuju USS. Menuju USS kita menggunakan MRT dengan tujuan stasiun Harbour Front untuk mencapai Vivo City. Dari Vivo City ini kita harus menggunakan kereta khusus yaitu Sentosa Express untuk bisa mencapai USS. Kebetulan EZ-Link card yang sudah kita beli sebelumnya dapat kita gunakan untuk Sentosa Express sehingga tanpa antri kita langsung lanjut ke lokasi. 2Ds yang sudah sangat bersemangat untuk bersenang-senang langsung menikmati kebebasan mereka selama sehari penuh di USS hingga lelah. Dulu saat pertama kali kita ke USS, Dhimas masih belum cukup tinggi badannya untuk mencoba beberapa wahana. Kali ini tidak ada halangan apapun untuk mereka menikmati wahana-wahana yang ada di USS sehingga kesempatan kali ini benar-benar mereka gunakan untuk bersenang-senang.


DAY 3
Hari ketiga ini adalah kunjungan ke LEGOLAND Malaysia. Menurut informasi yang kita dapat dari beberapa referensi, ternyata lokasi ini justru lebih mudah dicapai dari Singapura dibandingkan dari Kuala Lumpur. Cukup menggunakan Bus atau Taxi, waktu tempuh ke Legoland hanya sekitar 15 menit dari perbatasan Singapura - Johor Baru. Maka pada kesempatan ini kita memilih untuk menggunakan bis yang memang khusus melayani tujuan Singapura - Legoland yang kita pesan via website. Dan kebetulan pick-up point bus ini pun berlokasi di dekat hotel tempat kita menginap sehingga untuk Keluarga Kecapi kondisi ini sangat nyaman dan mudah. Pengalaman menggunakan bis ini benar-benar memberikan pengalaman tersendiri bagi Keluarga Kecapi karena saat kita kembali dari Legoland ke Singapura ada 2 kejadian yang tidak terlupakan. Namun demikian, setidak-nya kita sudah pernah menikmati dan mengetahui seperti apa Legoland itu.


Tiba di Legoland kita langsung mendapatkan pengalaman kita yang pertama, yaitu iklim. Yap, seperti yang sudah diinformasikan oleh beberapa orang, cuaca terik dan panas yang menyengat menjadi pengalaman pembuka kita saat menginjakan kaki di tempat ini. Penutup kepala/payung dan sunblock sepertinya menjadi perlengkapan wajib jika mengunjungi Legoland. Mengenai wahana dan hiburannya, tempat ini tidak lebih baik dari Dufan Ancol. Mungkin karena memang tujuannya utamanya untuk menonjolkan produk Lego, maka fokus dari pengelola memang harus terpecah dua antara penyajian hiburan dan obyek-obyek yang tersebar di lokasi ini yang memang betul-betul terbuat dan disusun dari kepingan-kepingan Lego. Apalagi di area Miniworld nya yang menyajikan beberapa obyek tempat di dunia yang seluruhnya terbuat dari Lego. Dan kesimpulan yang Keluarga Kecapi rasakan adalah: Once is enough and No repeat order. Hahaha.....


Wahana "Project-X"

Wahana "Dino Island"

DAY 4
Di hari keempat ini kita mengunjungi Singapore Zoo yang tiket-nya sudah kita beli sejak di Jakarta, begitu juga dengan tiket USS dan Legoland. Semua tiket untuk tujuan kita sudah kita beli dan kita siapkan dari Jakarta karena lebih murah ketimbang beli langsung di lokasi. Perjalanan ke zoo menurut petunjuk di websitenya juga sangat jelas namun memang tidak bisa dicapai langsung dengan MRT. Untuk dapat mencapai lokasi perjalanan harus disambung dengan Bus yang tujuan akhir trayek-nya adalah di Singapore zoo.


Karena sebelumnya kita belum pernah mengunjungi tempat ini, buat kami kebun binatang ini memang terlihat 'sedikit' berbeda dengan yang ada di Indonesia. Sedikit dalam arti lebih bersih, rapi dan teratur. Terus terang melihat suasana di dalam kebun binatang ini tidak ada bedanya dengan melihat Taman Safari di Cisarua Bogor. Suasananya dibuat alami seperti hutan, namun kalau dibandingkan dengan kebun binatang Ragunan menurut saya jumlah binatangnya jauh lebih sedikit. Apalagi kalau dibandingkan dengan Secret Zoo di Batu Malang...wahhh...tidak ada apa-apanya deh Singapore Zoo.


Kesimpulan akhirnya adalah sama dengan pengalaman kita di Legoland...Once is enough and No repeat order. Namun ada satu hal yang menarik perhatian saya selama di Singapore zoo, tidak ada nyamuk walaupun kondisinya seperti hutan dan dengan udara yang cukup panas dan lembab. Koq bisa ya??

DAY 5
Sampai kita pada penghujung perjalanan dan waktunya pulang ke Jakarta. Setelah packing dan bersiap-siap serta sarapan pagi, berangkatlah kita ke Changi International Airport menggunakan MRT. Perjalanan yang cukup singkat, mudah dan juga murah ketimbang naik Taxi. Waktunya kembali menghadapi kehidupan nyata kota Jakarta tercinta ini. Mungkin di lain waktu kita akan kembali mengunjungi Singapore untuk tempat-tempat wisata yang lainnya, kecuali USS yang sepertinya masih menjadi target kunjungan berikutnya oleh 2Ds.

Peta Universal Studio Singapore

Peta Legoland Malaysia

Peta Singapore Zoo

2 komentar:

  1. Terimakasih banyak, saya ucapkan kepada Mbah Suro atas bantuan anka togel yg di berikan saya alhamdulillah benar2 tembus, berkat bantuan Mbah saya sudah bisa melunasi semua hutang2 saya sama tetangga bahkan saya juga sudah punya modal sedikit buat usaha kecil-kecilan, sekali lagi terima kasih banyak Mbah atas bantuannya kpd saya.. Jika anda ingin seperti saya hubungi aja beliau di nmr 082 354 640 471 atas nama Mbah Suro Ninggil........

    BalasHapus
  2. Salam Sejahtera! Jika ingin dapatkan tiket masuk SINGAPORE ZOO pada harga murah, sila hubungi saya. Boleh beli & BOOK awal. Harga promosi: SGD 32/MYR 102 sahaja (Adult or Child), termasuk FREE Unlimited Tram Service worth SGD5! Harga biasa termasuk Tram sampai S$38 sekarang ini.. Tiket-tiket promosi lain juga boleh dapatkan dengan kami seperti GardenByTheBay, Cable Car, USS, Wings Of Time, Skyline Luge, Legoland dan banyak lagi...Lawati LOVE TRAVEL facebook page juga di >>> www.facebook.com/lovetravel86 // Terima kasih. Jessica (whatsapp: +6012-7760219) Email: jessica.travel8686@gmail.com

    BalasHapus