Jumat, 20 November 2015

Bricks Cina seri PIRATE Ship


Tidak terasa sudah sekian lama tidak berbagi cerita mengenai mainan bricks yang beberapa waktu lalu sempat saya share ke blog ini. Kali ini saya mau berbagi lagi pengalaman yang sama namun kali ini adalah jenis yang lain, yaitu seri Pirates Ship atau seri kapal bajak laut. Seri Pirates sendiri sudah sejak lama dirilis oleh LEGO. Sama hal-nya dengan seri NINJAGO dan FRIENDS yang dibuat tiruan-nya oleh merek BELA, namun untuk seri bajak laut nasib-nya sedikit berbeda. Adalah merek Englighten dan Kazi yang ikut membuat seri bajak laut seperti LEGO namun tidak membuat tiruan yang sama persis dengan produksi LEGO. Dengan mempertimbangkan harga produk LEGO yang jika kita lihat di toko-toko mainan besar berada di kisaran 2 juta ke atas, maka produk-produk Cina kembali menjadi pilihan. 

Bricks dengan seri kapal bajak laut ini sudah saya buru sejak setahun yang lalu di berbagai toko online lokal. Dengan mengacu ke toko online internasional, saya berhasil mendapatkan hampir seluruh seri bricks kapal bajak laut dari kedua merek Cina tadi khusus-nya seri kapal yang berukuran besar (supaya rasa puas-nya terasa sekali saat dibandingkan dengan produk orisinil LEGO). Kalau kita coba bandingkan langsung dengan produk LEGO, produk buatan Cina ini memiliki kemiripan dengan bentuk dasar dari produk LEGO. Ada juga yang 90% mirip. Ada beberapa merek lain yang juga membuat seri bajak laut seperti COGO dan Sluban, tapi karena menurut saya buatannya kurang halus maka tidak termasuk dalam daftar yang saya cari dan kumpulkan. Berikut ini adalah seri kapal bajak laut yang berhasil saya peroleh dan pembanding dari produk asli buatan LEGO.

Kiri: Black Pearl (KAZI), Kanan: Imperial Flagship (LEGO)
Kiri: Jin Dune Name (KAZI), Kanan: Brickbeard's Bounty
Kiri: Adventure (Enlighten), Kanan: Pirates (LEGO)
Kiri: Black Pearl (Enlighten), Kanan: Pirates (LEGO)

Secara umum jika dibandingkan antara merek Kazi dan Enlighten, merek Enlighten memiliki kualitas yang lebih baik dari sisi materialnya maupun dari segi kekokohan saat dirakit. Walaupun demikian, masing-masing produk tersebut tetap kompatibel dengan produk LEGO yang asli. Karena model dari kedua merek tadi saling berbeda, maka cukup menarik untuk dimiliki dan saling melengkapi antara model yang satu dengan yang lain. 

Kekurangan lainnya dari merek Kazi adalah pada desain tiang layar nya yang sangat sulit dipasang ke bagian tiang layar utama. Cukup membutuhkan perjuangan saat merakit layar model Kazi ini. Namun demikian hal ini masih bisa diterima mengingat harga nya yang sangat-sangat jauh lebih murah dibandingkan produk LEGO. Perbedaan harga yang bisa mencapai 6x lebih murah ini tetap menjadi faktor ketertarikan saya untuk memilih bricks Cina ini ketimbang produk LEGO.

LEGO No. 70413 - Brick Bounty
Perbandingan langsung antara harga produk LEGO asli dengan buatan cina contohnya adalah untuk produk Brick Bounty No. 70413. Harga produk ini yang saya lihat di salah satu toko mainan ternama di Jakarta, adalah Rp. 2,400,000. Sementara jika saya cari di salah satu toko online yang juga cukup ternama di Indonesia, harganya sudah terpaut cukup jauh yaitu Rp. 1,600,000. Jika dibandingkan, model LEGO 70413 yang memiliki jumlah komponen sebanyak 744 keping ini sebanding dengan produk Kazi "Jin Duane Name" yang memiliki 608 keping komponen. Mulai dari bentuk dasar badan kapal, bentuk  layar dan buritan dari kedua-nya sangat mirip. Namun jika berbicara detil, produk LEGO memang menunjukkan kelasnya sebagai produk kelas atas. Sementara harga produk Kazi yang saya temukan dijual di salah satu toko online hanya berkisar Rp. 350,000. Ini adalah perbedaan harga yang sangat fantastis. Sekitar 6X lebih murah dari produk LEGO di toko retail dan 4,5X lebih murah dari toko online.

Dengan fakta yang ada di atas inilah yang membuat saya selalu memilih bricks Cina sebagai alternatif utama sebelum memilih LEGO. 

1 komentar: